Jumat, 29 Oktober 2010

PCA-10-03_30310116_Software CPU Z

hello hello. ini blog kedua gue. jadi pada hari selasa kmrn, kelas kita praktikum lagi tentang software CPU Z. kami dibantu lagi oleh asisten praktek sistem komputer. oke, jadi ini beberapa penjelasan ttg bagian-bagian di CPU-Z antara lain : clocks, core speed, multiplier, bus speed, qpi link, cache, revisi


dan ini untuk lebih detailnya,

*Core Speed : kecepatan dari suatu core

*bus speed :kecepatan transfer data dari CPU ke RAM

*QPI Link : muatan yg di tampung oleh bus speed (FSB)

*Cache : Mekanisme penyimpanan data skunder berkecepatan tinggi yang di gunakan untuk menyimpan data
-dalam cache terdapat tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.

*Multipler : Angka multiplier bekerjasama dengan bus speed menentukan berapa cepat sebuah CPU dijalankan. Hampir seluruh prosesor baru keluaran Intel sudah dikunci pada multipliernya sehingga hanya bisa dijalankan pada multiplier tertentu. Bus speed merupakan ukuran yang independen dan dapat diubah-ubah dan dapat menghasilkan sebuah CPU yang berjalan pada kecepatan yang berbeda (dengan catatan CPU tersebut sanggup dijalankan pada kecepatan tersebut).

*Code name :Merupakan simbol yang terdiri dari huruf, angka, tanda baca, serta lambang lainnya pada procecor

*Package : Kumpulan program yang didapatkan merupakan suatu satu kesatuan atau berdiri sendiri dan merupakan pendukung dari sistem utama. Paket software ini biasanya diarahkan pada aplikasi bisnis yang khusus dan biasanya bersifat program , luas dari segi kualitas, serta seringkali memerlukan perencanaan yang sama banyaknya dengan pengembangan software yang telah disesuaikan.

*Instruction Register : Memori berkecepatan tinggi yang menyimpan informasi mengenai perintah yang dijalankan.

*Family : generasi dari software nya

*Revisi : perubahan nama prosesor dari Core 2 ke C2


sekian, selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar